BSPN Stock

Akuntansi



Akuntansi adalah suatu proses pengidentifikasian,pengukuran,penjabaran,dan pelaporan informasi ekonomi,yang memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas oleh mereka yang menggunakan informasi keuangan tersebut.


Akuntansi bertujuan untuk menyiapkan suatu laporan keuangan yang akurat agar dapat dimanfaatkan oleh para manajer, pengambil kebijakan, dan pihak berkepentingan lainnya, seperti pemegang saham, kreditur, atau pemilik. Pencatatan harian yang terlibat dalam proses ini dikenal dengan istilah pembukuan.

Bidang Akuntansi terbagi menjadi:

1.Akuntansi Keuangan:mengkhususkan pada proses pencatatan transaksi hingga penyajian laporan keuangan.

2.Auditing(pemerikasaan):mengkhususkan pada pemeriksaan pencatatan akuntansi secara independen.

3.Akuntansi Biaya:berhubungan dengan perencanaan,penetapan,pengendalian biaya produksi.

4.Akuntansi Manajemen:mengkhususkan pada pengembangan dan penafsiran informasi akuntansi untuk membantu manajemen menjalankan perusahaan.

5.Akuntansi Anggaran:mengkhususkan penyususnan perencanaan rencana pengeluaran perusahaan dan membandingkannya dengan pengeluaran aktual.

6.Akuntansi Perpajakan:mengkhususkan pada penyiapan data yang diperlukan untuk perhitungan pajak.

7.Sistem Akuntansi:mengkhususkan diri dalam perencanaan dan pelaksanaan prosedur pengumpulan serta pelaporan data keuangan

8.Akuntansi Pemerintah:mengkhususkan penyajian laporan transaksi keuangan yang dilakukan pemerintah

9.Akuntansi Pendidikan:berhubungan dengan pengembangan dan pengajaran akuntansi

Praktisi akuntansi disebut Akuntan,lembaga organisasi akuntan di indonesia adalah IAI (Ikatan Akuntan Indonesia)

Bidang Profesi Aknuntan

Akuntan Perusahaan:akuntan yang berkerja pada perusahaan dan bertanggung jawab atas berbagai fungsi akuntansi serta keuangan perusahaan.

Akuntan Publik:akuntan independen yang memberikan jasa dalam bidang akuntansi bagi perusahaan atau organisasi,biasanya membuat firma.

Akuntan Pemerintah:akuntan yang berkerja pada lembaga permeintah dengan tugas merencanakan dan menstabilkan,dan memeriksa transaksi keuangan pemerintah

Akuntan Pendidik:akuntan yang tugasnya mengembangkan dan mengajarkan akuntansi.

Your Soul its Your Knowledge