BSPN Stock

Struktur Sosial



Pengertian struktur sosial secara umum adalah sebuah tatanan sosial dalam kehidupan masyarakat.Di dalam tatanan sosial tersebut terkandung hubungan timbal balik

antara status dan peranan yang menunjukan pada sesuatu keteraturan perilaku.

Struktur sosial dapat dilihat untuk mempengaruhi sistem sosial yang penting termasuk sistem ekonomi, sistem hukum, sistem politik, sistem budaya, dan lain-lain. Keluarga, agama, hukum, ekonomi dan kelas semua struktur sosial. "Sistem sosial" adalah sistem induk dari mereka berbagai sistem yang tertanam di dalamnya.

berikut pengertian struktur sosial menurut para ahli:

a. Menurut Radclife-Brown, struktur sosial adalah suatu rangkaian kompleks dari relasi-relasi sosial yang berwujud dalam suatu masyarakat. Dengan demikian, struktur sosial meliputi relasi sosial di antara para individu dan perbedaan individu dan kelas sosial menurut peranan sosial mereka.

b. Menurut Evans-Pritchard, struktur sosial ialah relasi-relasi yang tetap dan menyatukan kelompok-kelompok sosial pada satuan yang lebih luas.

c. Menurut Beattie, struktur sosial adalah bagian-bagian atau unsur-unsur dalam masyarakat itu yang tersusun secara teratur guna membentuk suatu kesatuan yang sistematik.

d. Menurut Raymond Firth, konsep struktur sosial merupakan analytical tool atau alat analisis yang diwujudkan untuk membantu pemahaman tentang tingkah laku manusia dalam kehidupan sosial.

e. Menurut George C Homman, mengaitkan struktur sosial dengan perilaku sosial elementer dalam kehidupan sehari-hari.

f. Menurut Talcott Parsons, struktur sosial adalah keterkaitan antar manusia

g. Menurut Coleman, struktur sosial adalah sebuah pola hubungan antar manusia dan antar kelompok manusia.

h. Menurut Soerjono Soekanto, struktur sosial adalah sebagai sebuah hubungan timbal balik antara posisi-posisi sosial dengan peranan-peranan sosial.

i. Menurut Kornblum, menekankan konsep struktur sosial pada pola perilaku individu dan kelompok.

Your Soul its Your Knowledge